Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk

Menghapus Virus Shrotcut – Sebagai pengguna komputer, pastinya kita pernah berurusan dengan virus. Virus komputer tidak jauh berbeda dengan virus penyakit, karena keduanya sama-sama merusak sistem.

Virus penyakit merusak sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan virus komputer merusak sistem dari perangkat komputer itu sendiri. Jadi keduanya memang sama-sama tidak memiliki manfaat.

Ada banyak jenis virus komputer, yang sering kali kita temukan. Salah satu jenisnya adalah virus yang berupa shortcut-shortcut aneh, yang sama sekali tidak kita ketahui asal-muasalnya.

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk

Sering kali virus shortcut bersarang pada flashdisk, yang selalu kita gunakan untuk memindahkan, atau menyimpan file. Jika sebuah flashdisk yang berisi virus di colok pada komputer lain, maka virus tersebut akan menyebar.

Sering kali kita menemukan virus shortcut pada flashdisk, yang entah darimana datangnya virus tersebut. Biasanya virus juga akan menghilankan file atau folder, yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Kali ini Teknorush akan memberitahukan cara menghilangkan virus shortcut pada flashdisk. Serta cara mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus menggunakan CMD.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Dengan CMD

  1. Pertama, colokkan flashdisk pada komputer yang bersih dari virus.
  2. Lalu buka Windows Explorer, lalu klik tab Organize kemudian klik Folder and search options. Pada Windows 10 pilih tab View > Options > Change Folder and search options.
  3. Selanjutnya pilih tab View. Pada opsi Hidden file and folders, silahkan pilih Show hidden files, folders and drives.
    1 Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk
  4. Lalu scroll kebawah, dan unchecklist Hide protected operating system files (Recommended).
  5. Jika muncul kotak peringatan seperti di bawah ini, klik saja tombol Yes. Lalu klik OK.
    2 Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk
  6. Biasanya setelah tahap ini, folder dan file yang disembunyikan virus, sudah muncul kembali, tapi masih belum sepenuhnya atau semi-hidden.
  7. Selanjutnya buka comand prompt atau CMD, lalu ketik lokasi falshdisk yang terkena virus shortcut. Misalnya Drive F, maka ketikkan perintah F: lalu tekan Enter.
  8. Setelah itu ketikkan perintah attrib -s -h -r *.* /s /d, lalu tekan Enter.
    3 Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk
  9. Pada tahap ini seharusnya flasdisk kamu sudah kembali normal. Selanjutnya kamu hanya perlu menghapus folder atau shortcut aneh yang ada di flashdisk tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah cara menghapus virus shortcut di falshdisk, dan cara memunculkan file yang disembunyikan virus. Semoga dengan cara ini, flashdisk kamu bisa bersih dari virus, dengan catatan tidak dicolok lagi pada komputer yang terinfeksi virus shrotcut.

Apa bila flashdisk kembali dicolok pada komputer yang terkena virus, maka virusnya akan kembali menyebar pada flashdisk.

Langkah aman untuk mencegah virus yang masuk ke komputer, adalah dengan memasang software antivirus terbaik. Namun jika virus sudah merajalela, maka dibutuhkan cara mengatasi virus shortcut yang tepat.

80%
Awesome
  • Rating
You might also like
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More