Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard

Cara Mengunci Folder – Manfaat komputer bagi kehidupan manusia, lebih dari sekedar perangkat pengolah data. Tetapi juga sebagai barang pribadi, yang tidak boleh sembarangan orang membukanya. Oleh sebab itu, Microsoft memberikan fitur password Windows pada OS buatan mereka tersebut.

Dengan adanya password Windows, maka komputer tidak akan bisa dibuka oleh sembarangan orang. Hanya orang-orang tertentu yang mengetahui password-nya, yang bisa membuka komputer tersebut.

Selain mengunci login screen dengan password, mengunci folder di laptop dan komputer juga perlu dilakukan. Khususnya bagi kamu yang menggunakan komputer secara bersamaan dengan orang lain.

Cara Mengunci Folder Di Windows 7, 8 dan 10

Mengunci folder di Windows 7,8 dan 10, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan software atau aplikasi pengunci folder. Software ini dibuat memang untuk menyembunyikan dan mengamankan folder-folder tertentu.

Software pengunci folder ini, banyak digunakan untuk mempasword folder pada laptop ataupun komputer. Sehingga data-data penting yang bersifat pribadi, tidak akan bisa diakses oleh orang lain.

Cara Mengunci Folder Dengan Software

Sebelum mencoba cara mengunci folder dengan software, sebaiknya download dulu software pengunci foldernya disini. Jika sudah di download, silahkan buka dan jalankan file FolderGuard-18.7-setup.exe. Apa bila software tersebut sudah terinstall, barulah kamu bisa memberi password pada folder rahasiamu.

Silahkan ikuti langkah-langkah memberi password pada folder berikut ini.

  • Buka software Folder Guard, lalu klik Set up the folder protection.
    1 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Tentukan Password Master yang nantinya akan digunakan membuka aplikasi Folder Guard. Kemudian klik OK, lalu akan muncul kotak konfirmasi bahwa password master sudah aktif, lalu klik OK.
    2 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Selanjutnya kamu bisa menentukan folder mana yang ingin dikunci dengn password. Caranya klik Lock a folder with password, lalu klik Browse for folder dan cari lokasi folder yang ingin dikasih password, kemudian klik Next.
    3 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Tentukan password yang akan digunakan untuk mempassword folder tersebut. Lalu klik Next.
    4 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Sesuaikan pengaturan password seperti yang kamu inginkan (opsional). Jika sudah, silahkan klik Next.
    5 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Jika folder yang ingin dipassword sudah masuk, selanjutnya tinggal klik tombol Protect, seperti gambar di bawah.
    6 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard

Itulah dia cara mengunci folder dengan password di laptop atau komputer. Dengan software ini, dijamin file-file penting milikmu tidak akan bisa diakses oleh orang lain, dan pastinya file tersebut tetap aman.

Baca Juga:

Selanjutnya adalah cara membuka folder yang dikunci dengan password. Berikut ini adalah langkah-langkah membuka folder yang tadi sudah dipassword.

  • Buka folder yang sudah dikunci dengan password. File di dalam folder tersebut tidak akan bisa dilihat, dengan keterangan folder kosong, dan ditengahnya ada tombol Unlock.
  • Silahkan klik tombol Unlock, maka kamu akan diminta memasukan password folder tersebut. Ingat! Password Folder, berbeda dengan Password Master.
    7 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard
  • Setelah password dimasukan dan klik tombol OK, maka file-file di dalam folder tersebut bisa dilihat kembali.
    8 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Folder Guard

Itulah dia beberapa langkah mudah cara mengunci folder dengan software Folder Guard. Software ini bisa di download secara gratis, tapi versi trial-nya hanya berlaku selama 30 hari. Semoga cara memberi password pada folder ini bermanfaat, untuk menjaga kerahasian file-file pribadi kamu.

80%
Awesome
  • Rating
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.