Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca Atau Rusak

SD Card Tidak Terbaca – SD Card atau memory card adalah sebuah perangkat penyimpanan data, yang biasa digunakan pada beberapa gadget. SD card sering kali digunakan, untuk menambah ruang penyimpanan pada smartphone, atau kamera digital.

Berkat adanya SD card atau memory card, smartphone dengan ruang penyimpanan kecil, bisa diperluas dengan menambahkan SD card. Sedangkan pada kamera digital, memori card menjadi satu-satunya ruang penyimpanan, karena kamera tidak memiliki ruang penyimpanan internal.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca

Saat ini farian kapasitas SD card sudah ada bermacam-maca pilihan, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan 128GB. Dengan banyaknya pilihan kapasitas, pengguna bisa lebih leluasa memilih kartu memori yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sayangnya perangkat penyimpanan data eksternal ini cukup rentan mengalami kerusakan. Karena ukurannya yang kecil, dan komponen di dalamnya yang bersifat sensitif. Komponen-komponen microchip di dalam SD Card, sangat rentan mengalami kerusakan.

Terutama jika terkena air atau, bagian tembaganya ada yang tergores. Sehingga membuat SD Card tidak terbaca atau sulit terdeteksi oleh perangkat.

Jika kamu mengalami kartu memori tidak terbaca, maka kamu bisa mencoba cara memperbaiki kartu memori berikut ini.

1. Membersihkan Kartu Memori

Membersihkan SD Card - Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca

Jika kartu SD tidak terbaca, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Pada SD Card terdapat beberapa lempeng kuningan, yang berfungsi untuk menghubungkan kartu SD dengan perangkat. Terkadang kotornya lempengan kuningan tersebut, bisa menyebabkan SD card tidak terbaca di smartphone.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba membersihkan lempengan kunginan tersebut, menggunakan penghapus karet. Kamu cukup menggosokkan panghapus karet, pada permukaan lempengan kartu SD yang rusak.

2. Format SD Card Dari Android

Format SD Card dari Android - Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca atau Rusak

Setelah dibersihkan, cobalah untuk memformat ulang kartu memori yang sulit terbaca. Kamu bisa memformat SD card melalui smartphone android kamu, caranya bisa dilihat di bawah ini:

  • Masuk menu Settings > Storage untuk melihat detail informasi dari memory card tersebut.
  • Pada pilihan Portable Storage, silahkan pilih SD Card.
  • Kemudian klik tanda titik tiga di sudut kanan atas, lalu pilih Storage Settings > Format.

Untuk sistem operasi Android dibawah Nougat:

  • Masuk menu Setting > Storage, kemudian pilih Erase Eksternal Storage Device.

Setelah itu memori card akan diformat ulang, agar menjadi bersih seperti SD card baru.

3. Diagnosa Kerusakan Melalui PC

Diagnosa kerusakan dari PC - Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca

Cara memperbaik SD card tidak terbaca berikutnya, adalah dengan mendiagnosa kerusakan melalui PC. Hubungkan kartu memori ke PC dengan menggunakan card reader atau adaptor. Setelah itu buka Windows Eksplorer klik kanan pada SD Card, lalu pilih Properties > Tools > Error Checking.

Biarkan proses pemeriksaan kartu memori berjalan hingga selesai. Jika ditemukan error pada SD card, maka akan muncul pilihan untuk memperbaiki SD card tersebut.

4. Format SD Card Melalui PC

Format SD Card dari PC - Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca atau Rusak

Cara mengatasi memory card tidak terbaca berikutnya adalah, dengan melakukan format SD card melalui PC. Pertama hubungkan kartu memori dengan PC menggunakan adaptor atau card reader. Selanjutnya buka Windows Explorer, pada SD card yang ingin diformat silahkan klik Kanan pilih Format > Start. Sebelum melakukan format, sebaiknya kamu backup data-data yang ada di kartu memori.

Baca Juga:

Ada banyak penyebab SD card tidak terbaca di HP, seperti terendam air, patah, atau terlalu sering bongkar pasang memory card. Alangkah baiknya kamu menggunakan satu kartu memori untuk 1 ponsel saja, dan jangan sering melepas dan memasang kartu memori dari HP. Karena hal tersebut juga bisa menyebabkan kartu memori rusak.

Itulah dia cara memperbaiki kartu SD yang rusak, tidak terbaca, atau sulit terdeteksi. Memory card merupakan media penyimpanan yang sangat sensitif, terjadi sedikit kerusakan pada komponennya, bisa menyebabkan kartu memori tidak terbaca.

80%
Awesome
  • Rating
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More